Tuesday, June 26, 2018

mengapa kita bisa dihipnotis


mengapa kita bisa dihipnotis

Tidak hanya dilakukan dalam atraksi magis, hipnosis juga dikenal luas sebagai salah satu cara penjahat dalam merampok atau mencuri uang dari banyak orang. Cukup banyak orang yang mengaku menjadi korban hipnosis dan kebingungan saat menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi pada mereka ketika melaporkan tindakan kriminal ini di kantor polisi. Sebenarnya, mengapa manusia dapat dengan mudah terhipnotis?


Cukup banyak orang mengasosiasikan hipnosis dengan hal-hal yang tidak masuk akal atau bahkan terkait dengan ilmu hitam. Padahal, menurut psikolog kesehatan seperti Andi Ardillah Pratiwi, M.Psi, hipnosis sebenarnya adalah semacam permainan bawah sadar manusia yang memang bisa dipelajari dan dipraktikkan. Menurutnya, hipnosis atau hipnosis adalah suatu kondisi dimana kesadaran seseorang berada dalam kondisi sangat terfokus dan terkonsentrasi. Sayangnya, dalam kondisi ini kita cenderung mudah diberikan saran. Saran inilah yang membuat kita memasuki alam bawah sadar dan akhirnya ingin diminta melakukan berbagai hal. Karena alasan inilah cukup banyak penjahat yang dapat dengan mudah membuat korbannya mematuhi perintah mereka untuk melakukan berbagai hal yang terkadang tidak masuk akal bagi orang awam.

Menurut seorang psikolog yang berasal dari Yayasan Praktik Psikolog Indonesia, hipnosis juga bisa digunakan sebagai pengobatan masalah kesehatan tertentu, terutama yang berkaitan dengan masalah kejiwaan atau fobia. Dengan melakukan hipnosis, fobia atau ketakutan berlebihan akan sesuatu dapat dikurangi atau dihilangkan. Selain itu, cukup banyak terapis yang sengaja menghipnotis pasien agar pikirannya lebih tenang agar diberikan sugesti positif yang akan mampu membantu mengatasi masalah kejiwaan yang dihadapi pasien.

referensi:
http://tentanghipnotis.blogspot.com/2018/06/apa-itu-hypnotherapy.html
http://tentanghipnotis.blogspot.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_hipnosis

No comments:

Post a Comment